Address
Jl. Singgalang Raya, Candisari, Kota Semarang Jawa Tengah 50122
Phone
082134323833
Email
Gemilangmulyaraya@gmail.com

KPU Buka Kelas ‘Voters Education’ Setiap hari

Diterbitkan Kamis, 30 Mei 2024

 Salah satu program yang dibuka oleh KPU dalam memberikan pendidikan tentang sistem demokrasi dan pemilihan umum adalah Voters Education yang dibuka setiap hari dan terbuka bagi siapa saja. Hal tersebut diungkapkan oleh Nurul Mubin dari Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Badan Penyelenggara KPU yang mengharapkan peran aktif dari para pendidik dan masyarakat sendiri untuk mengikuti kelas selama dua jam tersebut.

“Kelas tersebut terbuka bagi siapa saja termasuk komunitas-komunitas yang ingin belajar tentang system pemilihan dan juga disediakan materi lengkap. Selain itu, tidak ada pungutan biaya sama sekali dan terbuka bagi mereka yang sudah memiliki hak pilih maupun belum,” kata Mubin saat ditemui di kantor KPU, Selasa (4/8).

Adanya kelas tersebut juga mendukung program peningkatan partisipasi bagi pemilih pemula dan dengan ditiadakannya peranan relawan demokrasi pada pemilihan kepala daerah kali ini, harapan Mubin, pihak sekolah bisa proaktif dalam mengajak siswanya, terutama bagi para guru maple PKn yang mencakup materi tentang Pemilu.

“Sebelumnya, kami pernah menerima siswa SD yang mengikuti kelas tersebut dan diharapkan di semua level masyarakat baik di sekolah  seperti dengan mengumpulkan ketua OSIS dan guru PKn bisa menjaring lebih banyak peserta untuk ikut kelas ini,”

Dengan jumlah sedikitnya 10 orang peserta, KPU akan menyiapkan kelas tentang demokrasi dengan durasi dua jam dan telah disiapkan pemateri setiap hari kerja. Bahkan pendaftar bisa langsung mengikuti kelas di lantai dua tersebut jika telah memenuhi jumlah minimum.

Menanggapi hal tersebut, Dhika Febrasani salah satu siswa SMK yang awalnya memilih untuk golput, mengaku tertarik untuk mengikuti kelas tersebut sehingga dirinya bisa menentukan pilihan dalam proses demokrasi.

“Karena saya tidak begitu paham, awalnya ingin golput saja. Tetapi mungkin setelah ikut kelas tersebut saya ingin memilih dan bisa menentukan masa depan Wonosobo,” ungkap Dhika yang mengunjungi KPU untuk meminta informasi terkait kelas tersebut.

Dhika bersama dua temannya berrencana akan segera mengajak teman-teman sekelasnya untuk mendaftar di voters education sehingga mengetahui betul apa hak dan kewajiban sebagai seorang warga Negara dalam pemilihan umum.

 

sumber: https://wonosoboekspres.wordpress.com/2015/08/04/kpu-buka-kelas-voters-education-setiap-hari/